PROPOSAL
KERJA PRAKTIK
LEMBAGA PUSAT DATA ELEKTRONIK
UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM JOMBANG
Disusun Oleh:
1) Umam Baharudin (172355201019)
2) Muhammad Khafid Syahroni (172355201032)
3) Ma’ruf Hasan Nurwahid (172355201033)
4) Annas Nasucha (172355201042)
5) Achmad Mubarok (172355201050)
6) Frandika Setya Pradana (172355201054)
7) Deni Febriani (172355201055)
8) Istibsyaroh (172355201056)
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM
JOMBANG
2020
HALAMAN PERSETUJUAN
PROPOSAL KERJA PRAKTIK
LEMBAGA PUSAT DATA ELEKTRONIK
UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM JOMBANG
Disusun Oleh:
1) Umam Baharudin (172355201019)
2) Muhammad Khafid Syahroni (172355201032)
3) Ma’ruf Hasan Nurwahid (172355201033)
4) Annas Nasucha (172355201042)
5) Achmad Mubarok (172355201050)
6) Frandika Setya Pradana (172355201054)
7) Deni Febriani (172355201055)
8) Istibsyaroh (172355201056)
Telah disetujui dan disahkan oleh:
Pada tanggal : ...............................
|
Dosen Pembimbing I
........................................... NPP................................. |
Dosen Pembimbing II
........................................... NPP................................. |
|
Mengetahui, Ketua Jurusan Teknik Informatika
Izzatul Umami, S. Kom., M. Kom. NPP. 207 501 115 |
|
KATA PENGANTAR
Universitas Darul ‘Ulum Jombang (UNDAR) merupakan Universitas di Indonesia yang berupaya untuk selalu mengembangkan sumber daya manusia dan IPTEK guna menunjang pembangunan industri. Sebagai research university, output dari UNDAR Jombang diharapkan siap untuk di kembangkan ke bidang yang sesuai dengan spesifikasinya. Seiring dengan upaya tersebut, Kerjasama dengan industri ditingkatkan. Untuk menunjang hal tersebut maka program Studi Teknik Informatika UNDAR mewajibkan mahasiswanya untuk melaksanakan Kerja Praktik sebagai kelengkapan teori yang di pelajari di bangku kuliah.
Kerja praktik merupakan salah satu kurikulum wajib yang harus di tempuh oleh mahasiswa S-1. Khususnya Program Studi Teknik Informatika Universitas Darul ‘Ulum Jombang (UNDAR). Selain itu kegiatan tersebut di harapkan dapat menambah pengetahuan mengenai aktivitas dalam dunia industri.
Pengajuan Kerja Praktik ini bertujuan menambah wawasan dan sebagai implementasi dari ilmu pengetahuan yang telah di dapatkan pada saat perkuliahan. Kegiatan Kerja Praktik ini diharapkan menjadi salah satu pendorong utama untuk mengenal kondisi di lapangan dan untuk melihat keselarasan antara ilmu pengetahuan yang diperoleh di saat perkuliahan dengan aplikasi praktis di dunia kerja.
Wawasan dari mahasiswa tentang dunia kerja yang berkaitan dengan industrialisasi sangat diperlukan, sehubung dengan kondisi obyektif Indonesia yang merupakan negara berkembang, dimana teknologi masuk dan diaplikasikan oleh industri terlebih dahulu. Di harapkan nantinya mahasiswa sebagai calon output dari perguruan tinggi akan lebih mengenal akan perkembangan industri.
Jombang, 25 Oktober 2020
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Judul ........................................................................................................ i
Halaman Persetujuan ............................................................................................. ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iii
Daftar Isi .................................................................................................................. iv
Daftar Gambar ........................................................................................................ v
Daftar Tabel ............................................................................................................ vi
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Kerja Praktik ............................................................................ 1
1.2 Tujuan Kerja Praktik ................................................................................ ......... 2
1.3 Manfaat Kerja Praktik .............................................................................. ......... 2
BAB II TINJAUAN UMUM KERJA PRAKTIK
2.1 Gambaran Umum Instansi Kerja Praktik ................................................. ......... 3
BAB III METODE PELAKSANAAN KERJA PRAKTIK
3.1 Metodelogi Penelitian ........................................................................................ 13
3.2 Disiplin Ilmu ...................................................................................................... 15
3.3 Waktu Pelaksanaan ............................................................................................ 16
3.4 Rencana Kegiatan Kerja Praktik ........................................................................ 16
3.5 Jobdisc ............................................................................................................... 16
Daftar Pustaka
Lampiran
DAFTAR GAMBAR
Gambar
1.1.... Struktur Organisasi Universitas
Draul ‘ulum Jombang 5
DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 Struktur Pejabat UNDAR ...................................................................... 6
Tabel 1.2 Keilmuan Program Studi Teknik Informatika .............................. ......... 10
Tabel 1.3 Tahapan Metode Kerja ................................................................. ......... 13
Tabel 1.4 Rencana Kegiatan Kerja Praktik .................................................. ......... 16
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Kerja Praktik
Negara Indonesia saat ini mulai memasuki zaman kebebasan bersaing dalam segala bidang, dengan begitu sangat diperlukan strategi pengembangan dalam bidang teknologi dan informasi pada pembangunan yang terus menerus meningkat dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berkompetensi dan berdaya saing tinggi.
Perkembangan teknologi sekarang bertambah canggih dan kompleks serta mengalami kemajuan yang signifikan. Salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat yaitu dalam bidang komputer. Kini komputer bukanlah sesuatu barang yang mewah, tetapi telah menjadi suatu keharusan dan telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari aktifitas manusia sehari-hari. Penggunaan komputer saat ini tidak hanya terdapat pada instansi-instansi besar yang bergerak di bidang IT tetapi juga instansi pemerintah. Tidak dapat dipungkiri, bahwa sistem komputerisasi dapat mengolah data dengan cepat dan akurat dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Kerja Praktik (KP) merupakan matakuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Darul ‘Ulum Jombang. Selain itu Kerja Praktik diharapkan dapat menambah wawasan di dunia kerja dan melihat keselarasan antara ilmu pengetahuan yang diperoleh dibangku kuliah dengan aplikasi praktis di dunia kerja.
Perkembangan teknologi dibidang informasi ini telah memasuki berbagai bidang, sehingga banyak instansi-instansi yang menggunakan system komputerisasi. Salah satunya adalah Universitas Darul ‘Ulum di Jombang, dimana dalam instansi tersebut bergerak di bidang pendidikan yang didalamnya juga menggunakan system komputerisasi. Universitas Darul ‘Ulum merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah.
Tujuan yang ingin di capai dalam pelaksanaan kerja praktik ini dalah sebagai berikut:
a. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi secara nyata dengan dunia kerja.
b. Mahasiswa dapat mengetahui implementasi ilmu yang telah didapatkan dalam perkuliahan di dunia kerja
c. Mendapatkan pengalaman dalam suatu lingkungan kerja dan dapat melaksanakan studi perbandingan antara teori yang didapat di universitas dengan penerapannya di dunia kerja.
1.3 Manfaat Kerja Praktik
Manfaat dari Kerja Praktik ini yaitu sebagai berikut:
a) Memenuhi salah satu syarat kurikulum mata kuliah yang ada di Program Studi Teknik Informatika.
b) Meningkatkan Kualitas serta Kuantitas Pemahaman materi kuliah melalui pengalaman kerja serta permasalahan yang di temui di lapangan.
c) Mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja dengan terlebih dahulu menyelesaikan masa studi.
BAB II
TINJAUAN UMUM KERJA PRAKTIK
2.1 Gambaran Umum Instansi Kerja Praktik
2.1.1 Sejarah Universitas
Universitas Darul ‘Ulum Jombang (UNDAR) merupakan salah satu perguruan Tinggi yang dikelola oleh Lembaga Yayasan Universitas Darul ‘Ulum. Keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari misi besar pendirinya Dr. K.H. Mustain Romly, yaitu sebagai gerakan Pendidikan yang melakukan pembaharuan diberbagai bidang antara lain ekonomi, sosial, dan keagamaan. Universitas Darul ‘Ulum adalah lembaga pendikan modern yang melakukan kegiatan nyata dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka, pengembangan universitas ke depan harus memperhatikan dan memadukan secara terintegratif antara misi Universitas Darul ‘Ulum dengan sistem pendidikan Nasional secara konsisten. Arah pengembangan tersebut setidaknya berdasarkan pada 3 (tiga) hal, yaitu pertama eksistensi Universitas Darul ‘Ulum tidak dapat dilepaskan dari Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Kedua Universitas Darul ‘Ulum adalah institusi penyelenggara pendidikan tinggi yang mempunyai tanggung jawab melahirkan (meluluskan), sarjana S1 dan S2 yang mempunyai kemampuan menguasai dan mengembangkan ilmu dan kompetensi sesuai bidangnya secara etis dan Islami (berbasis pada nilai-nilai Islam) berdasarkan pada standar kurikulum dan harapan masyarakat sebagai pengguna jasa lulusan pendidikan tinggi. Ketiga pengembangan pendidikan Universitas Darul Ulum harus dilakukan secara terintegrasi antara misi Universitas Darul Ulum dengan Sistem pendidikan nasional sebagai penyedia jasa bagi masyarakat pengguna.
Universitas Darul Ulum ingin menjadikan kampus bukan sekedar sebagai tempat transformasi ilmu dari pihak dosen kepada mahasiswa yang berlangsung secara formal dan mekanis sifatnya, begitu pula tidak sekedar menyelenggarakan ujian-ujian untuk memperoleh sertifikat dan tanda lulus. Akan tetapi ingin menjadikan dirinya sebagai ”rumah ilmu” sesuai dengan
namanya “Darul ‘Ulum”. Yakni sebagai rumah ilmu, penghuninya harus selalu memiliki ciri khas mengedepankan keberanian yang bertanggung jawab, kebebasan yang didasari kekuatan nalar yang kokoh serta keterbukaan dalam menerima segala informasi keilmuan yang diperlukan dengan dilandasi keimanan dan ketakwaan yang mantap. Universitas Darul Ulum terus melakukan pengembangan dan pembaharuan (develop and reform) memasuki usianya yang ke-49 saat ini. Terobosan strategi dan perbaikan berkelanjutan senantiasa dilakukan untuk mewujudkan misi universitas sebagai the miracle university yang memadukan antara kompetensi dan aplikasi keilmuan dan teknologi yang berbasis pada nilai-nilai dan etika islam sebagai landasan bagi perubahan sosial sebagaimana visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan.
2.1.2 Visi
Visi tersebut diharapkan dapat dicapai pada tahun 2029.
Dalam Visi UNDAR ini Jelas bahwa semua disiplin keilmuan akan dikembangkan, didorong dan difasilitasi untuk meraih kepeloporan dan keunggulan. Visi tersebut menyiratkan tekad kuat dari seluruh sivitas untuk menjadikan UNDAR sebagai lembaga pendidikan tinggi yang terpandang, berwibawa baik pada tataran nasional maupun internasional sehingga mampu memberikan inspirasi dan menjadi rujukan kebijakan pendidikan nasional.
2.1.3 Misi
- Melaksanakan Pengembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi berdasarkan nilai-nilai keislaman.
- Melaksanakan Pengembangan Iman dan Taqwa berdasarkan nilai-nilai keislaman.
- Melaksanakan Pengembangkan sumberdaya manusia (SDM) berpengetahuan, berakhlaqul karimah dan berjiwa interpreunership, berdasarkan nilai-nilai keislaman.
- Melaksanakan dan Memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia menuju manusia yang utuh lahir dan batin.
2.1.4 Tujuan
Pencapaian visi dan keterlaksanaan misi tersebut diharapkan dapat mewujudkan tujuan Universitas sebagai berikut:
1. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, menguasai IPTEKS, professional, kreatif, inovatif, bertanggung jawab, dan mandiri menuju terwujudnya masyarakat utama.
2. Meningkatkan kegiatan penelitian sebagai landasan penyelenggaraan pendidikan dan mengembangkan IPTEKS.
3. Menghasilkan, mengamalkan, mengembangkan, dan menyebar luaskan IPTEKS dalam skala regional, nasional dan internasional.
4. Mewujudkan pengelolaan yang terencana, terorganisir, produktif, efektif, efisien dan terpercaya untuk menjamin keberlanjutan universitas.
5. Mewujudkan civitas akademika yang mampu menjadi teladan dan kehidupan masyarakat.
6. Menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam lingkup regional, nasional dan internasional untuk pengembangan pendidikan dan penelitian.
2.1.5 Struktur Organisasi

Gambar 1.1 Struktur Organisasi Universitas Darul ‘ulum Jombang
2.1.6 Struktur Pejabat Universitas Darul ‘Ulum
Tabel 1.1 Struktur Pejabat Universitas Darul ‘ulum Jombang
|
NO |
NAMA |
JABATAN |
UNIT |
|
1 |
Dr. H. M. Mudjib Musta’in, S.H., M.Si. |
Pembina |
Yayasan |
|
2 |
H. Lukman Hakim Musta’in, S.H., Ph.D. |
Pembina |
Yayasan |
|
3 |
Bapak H. Mahmud Abdullah |
Pembina |
Yayasan |
|
4 |
Ibu Hj. Anies Choirun Nisa’ |
Ketua |
Yayasan |
|
5 |
Bapak Dr. H. Ali Sukamto, M.Si. |
Sekretaris |
Yayasan |
|
6 |
Bapak Drs. H. M. Faiqul Ikhsan, M.Si. |
Bendahara |
Yayasan |
|
7 |
H. Mustaqim Faizin, S.H., M.HI. |
Pengawas |
Yayasan |
|
8 |
Amirul Fahd, S.E. |
Pengawas |
Yayasan |
|
9 |
Muhammad Rizqi Mubarok, S.P. |
Pengawas |
Yayasan |
|
10 |
Dr. H. Amir Maliki Abitolkha, M.Ag |
Rektor |
Rektorat |
|
11 |
Dr. H. Romlan, S.H., Sp.N., M.Hum. |
Wakil Rektor I |
Rektorat |
|
12 |
Ir. H. M. Zainul Arifin, M.T. |
Wakil Rektor II |
Rektorat |
|
13 |
H. Syaiful Bahri, S.H., M.Hum. |
Wakil Rektor III |
Rektorat |
|
14 |
Dr. H. Agus Raikhani, M.MT. |
Wakil Rektor IV |
Rektorat |
|
15 |
Dr. Ir. Effy Indriati, MS. |
Ketua |
Lembaga Pusat Jaminan Mutu |
|
16 |
- |
Kepala |
Biro Administrasi Akademik |
|
17 |
Khoiruddin Anas, S.Sos., M.Si |
Kepala |
Biro Administrasi Umum |
|
18 |
Abd. Jalil, S.H. |
Kepala |
Biro Rumah Tangga |
|
19 |
Maskur, S.Pd.I. |
Kepala |
Biro Kemahasiswaan dan Alumni |
|
20 |
Dr. Junaedi, S.E., M. Si. |
Kepala |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat |
|
21 |
Drs. A. Syafi AS, M.HI. |
Kepala |
Lembaga Trisula |
|
22 |
Dr. H. M. Luthfi Hn, S.H., M.Hum. |
Kepala |
Lembaga Pengembangan Ilmu Agama |
|
23 |
Drs. M. Boedi P. ES. |
Kepala |
Perpustakaan Pusat |
|
24 |
Citra Kusuma Widayat, S.ST |
Ketua |
Lembaga Pusat Data Elektronik |
|
25 |
Dr. Tri Susilowati, S.H., M.Hum. |
Dekan dan Plt. Wakil Dekan II |
Fakultas Hukum |
|
26 |
Dr. H. Sahal Afhami, M.Hum. |
Wakil Dekan I |
Fakultas Hukum |
|
27 |
Mohammad Andri, S.H., M.HI. |
Wakil Dekan III |
Fakultas Hukum |
|
28 |
Drs. H. Shobirin Noer, M.HI. |
Dekan dan Plt. Wakil Dekan II |
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik |
|
29 |
Endah Wahyuningsih, S.Sos., M.Sosio |
Wakil Dekan I |
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik |
|
30 |
Drs. H. Hudallah, M.Si |
Wakil Dekan III |
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik |
|
31 |
Dr. H. Abdul Rouf, M.Ag |
Dekan dan Plt. Wakil Dekan II |
Fakultas Agama Islam |
|
32 |
Dr. H. Muhtadi, S.Ag., M.HI. |
Wakil Dekan I |
Fakultas Agama Islam |
|
33 |
Drs. H. Eko Hadi Wardoyo, M.Pd.I. |
Wakil Dekan III |
Fakultas Agama Islam |
|
34 |
Dr. Suhudi, M.Pd. |
Dekan dan Plt. Wakil Dekan II |
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan |
|
35 |
Siti Arifah, S.Psi., M.Psi. |
Wakil Dekan I dan Plt. Wakil Dekan III |
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan |
|
36 |
Ir. Ruslan Hidayat, M.Si., M.T. |
Dekan dan Plt. Wakil Dekan II |
Fakultas Teknik |
|
37 |
Ir. Iwan Cahyono, M.T. |
Wakil Dekan I |
Fakultas Teknik |
|
38 |
Ir. H. Muhammad Fakhrurozi, M.T. |
Wakil Dekan III |
Fakultas Teknik |
|
39 |
Dr. H. Muchtar, S.E., M.Si |
Dekan dan Plt. Wakil Dekan II |
Fakultas Ekonomi |
|
40 |
Henny Dwijayani, S.E., M.Si. |
Wakil Dekan I |
Fakultas Ekonomi |
|
41 |
Anang Rohmad Jatmiko, S.E., M.Si. |
Wakil Dekan III |
Fakultas Ekonomi |
|
42 |
Dr. H. Muhammad Farid, M.Si |
Dekan dan Plt. Wakil Dekan II |
Fakultas Psikologi |
|
43 |
Dra. Denok Wigati, S.Psi., M.Si. |
Wakil Dekan I |
Fakultas Psikologi |
|
44 |
Dra. Hj. Luluk Masluchah, S.Psi., M.Si. |
Wakil Dekan III |
Fakultas Psikologi |
|
45 |
Mohammad Sofwan S.P., M.Si. |
Dekan dan Plt. Wakil Dekan II |
Fakultas Pertanian |
|
46 |
Agus Fahmi, S.P., M.Si. |
Wakil Dekan I dan Plt. Wakil Dekan III |
Fakultas Pertanian |
|
47 |
Prof. Dr. H. Tadjoer Ridjal, M.Pd. |
Direktur |
Program Pascasarjana |
|
48 |
Dr. H. Abdul Adzim, SE., M.Si |
Wakil Direktur I |
Program Pascasarjana |
|
49 |
Dr. Hj. Humaidah Muafiqie, S.E., M.Si. |
Wakil Direktur II |
Program Pascasarjana |
|
50 |
Drs. H. Supriadi, M.Si. |
Ketua Program Studi Akuntasi |
Fakultas Ekonomi |
|
51 |
Hevi Susanti, S.E., M.Si. |
Sekretaris Program Studi Akuntansi |
Fakultas Ekonomi |
|
52 |
Hj. Linda Ratna Sari, S.E., M.Si. |
Ketua Program Studi Manajemen |
Fakultas Ekonomi |
|
53 |
Rubait Dasururi, S.E., M.Si. |
Sekretaris Program Studi Manajemen |
Fakultas Ekonomi |
|
54 |
Muhamad Fathurrohman, S.E., M.Si. |
Ketua Prorgam Studi Ekonomi Pembangunan |
Fakultas Ekonomi |
|
55 |
Denis Setiawan, S.E., M.Si. |
Sekretaris Program Studi Ekonomi Pembangunan |
Fakultas Ekonomi |
|
56 |
Zainal Abidin, S.Pd., M.Pd. |
Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Fakultas Agama Islam |
|
57 |
Abdul Natsir, S.Ag., M.HI. |
Ketua Program Studi Ilmu Alquran dan Hadist |
Fakultas Agama Islam |
|
58 |
Meilina Juwita Andini, S.Pd., M.Pd. |
Ketua Program Studi Bimbingan Konseling |
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan |
|
59 |
Dimas Heru Suroso, S.Pd., M.Pd. |
Sekertaris Program Studi Bimbingan Konseling |
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan |
|
60 |
Saiful Arfaah, S.T., M.T. |
Ketua Program Studi Teknik Sipil |
Fakultas Teknik |
|
61 |
Ir. Hj. Iswinarti, M.T. |
Sekertaris Program Studi Teknik Sipil |
Fakultas Teknik |
|
62 |
Ir. Hj. Hidayatul Nurrohmah, M.T. |
Ketua Program Studi Teknik Elektro |
Fakultas Teknik |
|
63 |
Rukslin, S.T., M.T. |
Sekertaris Program Studi Teknik Elektro |
Fakultas Teknik |
|
64 |
Ir. Kadaryono, M.T. |
Ketua Program Studi Teknik Mesin |
Fakultas Teknik |
|
65 |
Mualifi Usman, S.T., M.T. |
Sekertaris Program Studi Teknik Mesin |
Fakultas Teknik |
|
66 |
Izzatul Umami, S.Kom., M.Kom. |
Ketua Program Studi Teknik Informatika |
Fakultas Teknik |
|
67 |
Winarti, S.Kom., M.Kom. |
Sekertaris Program Studi Teknik Informatika |
Fakultas Teknik |
|
68 |
Lilik Dwi Hariyanto, S.Psi., M.Si. |
Ketua Program Studi Psikologi |
Fakultas Psikologi |
|
69 |
Wardatul Mufidah, S.Psi., M.Psi. |
Sekertaris Program Studi Psikologi |
Fakultas Psikologi |
|
70 |
Nanik Lutfiyah, S.Si., M.Si. |
Ketua Program Studi Agroteknologi |
Fakultas Pertanian |
|
71 |
Dwi Wulandari, S.P., M.P. |
Sekertaris Program Studi Agroteknologi |
Fakultas Pertanian |
|
72 |
Nur Salam, S.P., M.Agr. |
Ketua Program Studi Agribisnis |
Fakultas Pertanian |
|
73 |
Mike Nurwidyanti, S.P., M.P. |
Sekertaris Program Studi Agribisnis |
Fakultas Pertanian |
|
74 |
Dr. Junaedi, S.E., M.Si. |
Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi |
Pascasarjana |
|
75 |
Dr. Hj. Adibah, M.Pd.I. |
Ketua Program Studi Agama Islam |
Pascasarjana |
|
76 |
Dr. H. Muhammad Chalil, S.H., M.Hum. |
Ketua Program Studi Ilmu Hukum |
Fakultas Hukum |
|
77 |
Drs. H. Kasanusi, M.Si. |
Ketua Program Studi Hubungan Internasional |
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik |
|
78 |
Moch. Mubarak Muharam, S.IP., M.IP. |
Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan |
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik |
|
79 |
Muhid Maksum, S.Sos., M.Sosio. |
Ketua Program Studi Sosiatri |
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik |
BAB III
METODE PELAKSANAAN KERJA PRAKTIK
3.1 Metodelogi Penelitian
Dalam metodelogi penelitian ini ada beberapa tahapan metode kerja yang akan kami terapkan meliputi:
Tabel 1.3 Tahapan Metode Kerja
|
1. |
Penetapan tujuan |
: |
Sebagai pihak yang mengajukan kerja praktik (KP) menentukan judul apa yang akan kami buat untuk pembahasan KP ini sebagai suatu patokan dan batasan masalah yang akan kami bahas. |
|
2. |
Survey dan Studi Pustaka |
: |
Merupakan tindak lanjut dari penetapan judul yaitu survey ke pihak terkait dan penyesuain judul dengan kebutuhan user yang ada di tempat KP |
|
3. |
Identifikasi masalah dan pengumpulan data |
: |
Merupakan tindak lanjut setelah melalui survey & studi pustaka, maka kami mengidentifikasikan masalah yang akan dijadikan latar belakang, rumusan, batasan, dan tujuan dalam prosesi melaksanakan kerja praktik. Pada tahap ini juga akan dilakukan pengumpulan data-data yang dibutuhkan. |
|
4. |
Analisis Kebutuhan User |
: |
Merupakan proses yang akan mendefinisikan kemampuan fungsional apa saja yang harus dilakukan oleh software yang akan dibangun didasarkan pada keutuhan user. Pada bagian ini juga dijelaskan kondisi perusahaan yang ada saat ini serta mendeskripsikan. |
|
5. |
Implementasi Perangkat Lunak |
: |
Hasil perancangan sebelumnya akan diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman yang telah ditentukan |
|
6. |
Pengujian Perangkat Lunak |
: |
Pada bagian ini, perangkat lunak yang telah dibangun akan dilakukan uji coba. Uji coba dilakukan sesuai dengan kebutuhan user. Jika ternyata masih belum bisa memenuhi semua kebutuhan user, maka akan dilakukan ientifikasi permasalahan dan akan dilakukan perancangan serta implementasi. Jika sudah bisa memenuhi kebutuhan user, maka akan dibuat dokumen perangkat lunak. |
|
7. |
Penyusunan laporan/Dokumentasi Perangkat Lunak |
: |
Merupakan laporan akhir dari kerja praktik yang telah dilakukan daa bentuk dokumentasi yang telah kami lakukan dalam bentuk dokumentasi yang dibukukan dari software sistem informasi yang telah dibuat. |
3.2 Disiplin Ilmu
Peserta Kerja Praktik ini telah dibekali beberapa mata kuliah keahlian yang akan diterapkan sebagai acuan dalam pelaksanaan kerja praktik. Pembekalan berupa mata kuliah keahlian dimaksudkan agar para mahasiswa kerja praktik dapat bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan dan dapat memberikan sumbangsih pikiran kepada perusahaan tempat dilaksanakannya kerja praktik. Adapun mata kuliah dasar keahlian yang telah dan sedang ditempuh anatara lain adalah:
Tabel 1.4 Disiplin Ilmu
|
NO |
URAIAN |
DESKRIPSI |
|
1 |
Keinformatikaan |
Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekadar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer. |
|
2 |
E-learning |
E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkannya di jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web, sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet. Penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif. Sistem e-learning ini tidak memiliki batasan akses, inilah yang memungkinkan perkuliahan bisa dilakukan lebih banyak waktu. |
|
3 |
Repository |
Repository, merupakan sekumpulan paket-paket software alias program untuk suatu sistem operasi (red: Linux) yang dipakai untuk menunjang kinerja dari suatu Software, program, dan sebagainya yang didapatkan dari situs paket-paket tersebut. Bisa dibilang Repository ini merupakan paket-paket khusus untuk suatu sistem operasi yang kemudian paket-paket tersebut di instal untuk mendapat kinerja lebih baik dari suatu sistem operasi. |
|
4 |
Multimedia |
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio, dan video dengan alat bantu (tool) dan tautan (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia gim, dan juga pembuatan situs web. |
3.3 Waktu Pelaksanaan
Tempat : Lembaga Pusat Data Elektronik Universitas Darul ‘ulum Jombang
Alamat : Jl. Gus Dur No.29A, Mojongapit, Kec. Jombang, Kabupaten. Jombang
Waktu : 28 Oktober 2020 s/d 28 November 2020
3.4 Rencana Kegiatan Kerja Praktik
Tabel 1.5 Rencana Kegiatan Kerja Praktik
|
NO |
URAIAN KEGIATAN |
MINGGU |
|||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
||
|
1 |
Studi Perpustakaan |
X |
X |
X |
X |
|
2. |
Praktek Lapangan |
X |
X |
X |
X |
|
3. |
Tugas Khusus |
X |
X |
X |
X |
|
4. |
Penyelesain Kerja Praktek dan Tugas Khusus |
|
|
X |
X |
3.5 Jobdisc
1) E-LEARNING
v Nama : Ma’ruf Hasan Nurwahid
NIM : 172355201033
Jobdisc : Memperbaiki Interface (Template)
v Nama : Istibsyaroh
NIM : 172355201056
Jobdisc : Menyiapkan tempat pembelajaran setiap fakultas
v Nama : Deni Febriani
NIM : 172355201055
Jobdisc : Menyediakan Tutorial (Video dan Foto)
2) REPOSITORY
v Nama : Annas Nasucha
NIM : 172355201042
Jobdisc : Menyediakan Tutorial (admin, dosen dan mahasiswa)
v Nama : Umam Baharudin
NIM : 172355201019
Jobdisc : Memberikan informasi fasilitas Repository
3) MULTIMEDIA
v Nama : Frandika Setya Pradana
NIM : 172355201054
Jobdisc : Membuat video tutorial
v Nama : Achmad Mubarok
NIM : 172355201050
Jobdisc : Membuat video tutorial
v Nama : Muhammad Khafid Syahroni
NIM : 172355201032
Jobdisc : Membuat video tutorial
DAFTAR PUSTAKA
ASTUTI, R. G., 2015. SISTEM PENDAFTARAN KERJA PRAKTIK TERINTEGRASI DENGAN SISTEM AKADEMIK (STUDI KASUS TEKNIK INFORMATIKA S1 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG).
bif.telkomuniversity, 2020. proposal kerja praktek - Program Studi S1 Informatika. 5 Januari, p. 7.
Darul'Ulum, F. T. U., 2018. Buku Panduan Kerja Praktik. Jombang: s.n.
Harianto Antonio, N. S., 2012. Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Informatika (SI-ADIF). Jurnal ELKHA, Volume Vol.4, No 2, p. 4.
kimia, U., 2017. Proposal kerja praktek - Teknik Kimia Unsri. 10, p. 9.
papsi.its, 2017. Pengantar Pada bagian berikut diberikan contoh proposal kerja praktek. 27 May, p. 10.
Rizky Vickyan Kusuma, I. S. M. E. M. K. S. M., n.d. Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir dan Kerja Praktek Jurusan Teknik Informatika PENS-ITS Berbasis WEB.
Undar, 2017. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran. September.
Youri J. B. Toreh, S. R. S. A. M. S., 2016. Rancang Bangun Aplikasi Website Administrasi Kerja Praktek Dan Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi. E-journal Teknik Informatika, Volume Volume 9, No 1 (2016), p. 7.
LAMPIRAN
BIODATA PESERTA

Nama : Umam Baharudin
Tempat Tanggal Lahir : Jombang, 12 Pebruari 1999
Alamat : Desa Jambu RT/RW 03/02 Kec. Jombang Kab. Jombang
Kewarganegaraan : Indonesia
Email : udwipa99@gmail.com
Nomer Telepon : 081331259662
Riwayat Pendidikan : MI Muhammadiyah 2 Jombang
MTsN Plandi Jombang
SMK PGRI 1 Jombang
S1 Universitas Darul ‘Ulum Jombang (Masih Kuliah)
BIODATA PESERTA

Nama : Muhammad Khafid Syahroni
Tempat dan Tanggal Lahir : Mojokerto, 04 Agustus 1998
Alamat : Desa sooko Gang VI RT 02/RW 02 Kec. Sooko Kab.
Mojokerto
Kewarganegaraan : Indonesia
Email : Khafidahmad46@gmail.com
No. Handphone : 0895339435287
RIWAYAT PENDIDIKAN
- MI NURUL HUDA 2 : Tahun 2005 – 2011
- MTSN 2 MOJOKERTO : Tahun 2011 – 2014
- MAN 2 MOJOKERTO : Tahun 2014 – 2017
- UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM JOMBANG : Tahun 2017 – Sekarang
BIODATA PESERTA

DATA PRIBADI:
Nama Lengkap : Ma’ruf Hasan Nurwahid
Tempat, Tanggal Lahir : Nganjuk, 28 November 2020
Jenis Kelamin : Laki-laki
Alamat : RT.001/RW.001 Ds. Banggle, Kec. Lengkong, Kab. Nganjuk, Jawa Timur
Kewarganegaraan : Indonesia
Email : m2m.muzha@gmail.com
No. Telepon/Hp : 085850732591
RIWAYAT PENDIDIKAN
1. SDN Ketandan VI Banggle : Tahun 2004 – 2010
2. SMP IT Al-Qomar Patianrowo : Tahun 2010 – 2013
3. MA Sunan Kalijaga Patianrowo : Tahun 2013 – 2016
4. Universitas Darul ‘Ulum Jombang : Tahun 2017 – Sekarang
BIODATA PESERTA

DATA PRIBADI
Nama Lengkap : Annas Nasucha
Tempat, tanggal lahir : Tuban, 5 September 1999
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Alama : RT005/RW002 DSN Karang Gayam Banjarjo, Bancar, Tuban, Jawa
Timur
Kewarganegaraan : Indonesia
E-mail : soranasucha@gmail.com
No. Telephone/HP : 085606757355
RIWAYAT PENDIDIKAN
SD INPRES WIMRO : Tahun 2005-2011
MTS SUNAN DRAJAT : Tahun 2011-2014
SMK SUNAN DRAJAT : Tahun 2014-2017
UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM JOMBANG : Tahun 2017-Sekarang
BIODATA PESERTA

DATA PRIBADI
Nama Lengkap : Achmad Mubarok
Tempat, tanggal lahir : Jombang, 18 Agustus 1999
Jenis kelamin : Laki – laki
Agama : Islam
Alamat : Jl. A Yani Bareng Kec.Bareng RT/RW 002/004 Jombang
Kewarganegaraan : Indonesia
E-mail : 02achmadmubarok@gmail.com
No. Telepone Hp : 085730774919
RIWAYAT PENDIDIKAN
MI NURUL ISLAM BARENG : Tahun 2005-2010
MTSN BARENG : Tahun 2010-2013
SMAN BARENG : Tahun 2013-2016
D1 LIBMI EDUCATION CENTER : Tahun 2016-2017
UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM JOMBANG : Tahun 2017-Sekarang
BIODATA PESERTA

DATA PRIBADI
Nama Lengkap : FRANDIKA SETYA PRADANA
Tempat, Tanggal Lahir : Jombang, 21 Nopember 1996
Jenis Kelamin : Laki laki
Alamat : Ds. Kalangsemanding Dsn. Kalangan RT 01/RW 02
Kec. Perak Kab. Jombang
Kewarganegaraan : Indonesia
Email : frandikadika219@gmail.com
No. Telepon/Hp : 085 607 289 939
RIWAYAT PENDIDIKAN
1. MI AL MUKMININ
2. SMP NEGERI 2 PERAK
3. SMA NEGERI BANDAR KEDUNGMULYO
4. UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM JOMBANG (Masih Kuliah)
BIODATA PESERTA

DATA PRIBADI
Nama Lengkap : DENI FEBRIANI
Tempat, Tanggal Lahir : Mojokerto, 09 Februari 1999
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Dusun Geneng RT.04/RW.04 Desa Sumberwuluh
Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto
Kewarganegaraan : Indonesia
Email : denifebriani99@gmail.com
No. Telepon/Hp : 0822 3412 6149
RIWAYAT PENDIDIKAN
1. SD NEGERI 1 SUMBERWULUH : Tahun 2005 – 2011
2. SMP NEGERI 2 DAWARBLANDONG : Tahun 2011 – 2014
3. SMA NEGERI 1 DAWARBLANDONG : Tahun 2014 – 2017
4. UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM JOMBANG : Tahun 2017 – Sekarang
BIODATA PESERTA

DATA PRIBADI:
Nama Lengkap : Istibsyaroh
Tempat, Tanggal Lahir : Bangkalan, 12 Juni 1999
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Dusun Kebun Larangan Desa Glagga Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur, Indonesia
Kewarganegaraan : Indonesia
Email : istibsyaroh878@gmail.com
No. Telepon/Hp : 0831 6303 8317
RIWAYAT PENDIDIKAN
1. SD Negeri 2 Glagga : Tahun 2005 – 2011
2. SMP Negeri 1 Arosbaya : Tahun 2011 – 2014
3. SMA Negeri 1 Arosbaya : Tahun 2014 – 2017
4. Universitas Darul ‘Ulum Jombang : Tahun 2017 – Sekarang

Komentar
Posting Komentar